Menjajal Transjogja

Gambar Bus Transjogja

Kemaren sore, saya akhirnya menjajal Transjogja. Transjogja ini sudah memiliki situs tidak resmi yang memberikan info kepada publik di sini. Awalnya saya sedang asyik browsing di depan laptop. Tiba-tiba om saya memanggil saya untuk membantunya membawa barang-barang sebab Om Aris dan Tante Rahma akan ke Madiun. Saat itu saya hanya mengenakan celana pendek motif kotak-kotak dan kaos oblong bertuliskan ‘Bali’. Melihat tangan yang sudah belang warnanya, saya pun mengenakan jaket.

Saya pun mengantarkan Om saya sampai ke halte Transjogja. Setelah itu, Om saya menawarkan kepada saya untuk mengantarkan sampai terminal. Dan akhirnya, dengan pakaian yang santai dan membawa sapu, saya naik Transjogja. Transjogjanya saat itu penuh sesak. Banyak sekali penumpang yang berdiri, termasuk saya. Kondektur mengeluh karena jalanan di Malioboro macet sekali. Malioboro memang selalu macet, apalagi ketika musim liburan, kemacetannya semakin bertambah.

Transjogja ini cukup nyaman dan murah. Sebuah terobosan transportasi di kota Jogjakarta. Sayangnya, jalanan di Jogja belum mendukung keberadaan Transjogja. Jalanan yang sempit sangat membatasi kenyamanan berlalu lintas. Lebar jalan yang hanya selebar bus ditambah sebuah motor menyebabkan perjalanan kali ini agak mengerikan. Setiap kali ada motor yang melintas di depan bus, sopir langsung mengklakson dengan kencang agar motor tersebut minggir. Namun, tidak semua pengendara motor mau minggir. Kengerian ini terus berlangsung sepanjang perjalanan dengan Transjogja.

Menurut saya seharusnya Transjogja ini difasilitasi jalur khusus agar lalu lintas tidak terganggu. Terlepas dari itu, fasilitas daru bus Transjogja sendiri sudah cukup memadai, apalagi harganya cukup murah.

Saya sudah mencobanya, bagaimana dengan Anda?

2 thoughts on “Menjajal Transjogja

Leave a Reply

