Daftar Pencapaian Hidup

Pernahkah Anda memiliki daftar pencapaian dalam hidup? Daftar pencapaian yang saya maksud adalah berupa daftar hal-hal yang ingin Anda lakukan sebelum Anda meninggal. Singkatnya, hal-hal yang Anda tulis merupakan sebuah persembahan dari Anda untuk kehidupan. Dengan hal-hal inilah keberadaan diri Anda akan terdefinisi sebagai seorang pribadi.

Hari ini saya ingin membuat daftar tersebut. Hal-hal yang ada di daftar tersebut merupakan hal-hal yang telah ada di pikiran saya semenjak masih kecil namun hingga kini belum kesampaian.

1. Membuat buku

Semenjak kecil saya memiliki hobi menulis, baik itu menulis cerita pendek, maupun puisi. Sangat disayangkan memang, dokumen-dokumen tersebut telah hilang entah di mana. Padahal, saya sangat ingin mengumpulkannya lagi, maklumlah jaman dulu belum ada internet. Tapi itu nggak ngaruh juga sih, sebenarnya ada cerpen saya yang akhirnya berhasil masuk dalam buku antologi cerita pendek, tapi filenya pun hilang bersama hard disk saya yang rusak.

Semenjak kecil saya sangat suka membaca buku. Berangkat dari hal ini saya pun ingin menciptakan sebuah buku🙂

2. Membuat studio game

Sama seperti buku, dulu saya sangat suka bermain game, meskipun sekarang sudah sangat jarang. Tapi tetap, kecintaan saya terhadap game tidak berkurang. Saya mengagumi game sebagai sebuah karya yang memadukan kreativitas dalam merancang sebuah kehidupan virtual, desain dalam keindahan visualnya, logika pemrograman yang membuatnya berjalan, serta teknologi yang menghubungkannya dengan user.

3. Membuat komik

Lagi-lagi sama, saya sangat menyukai komik. Komik pertama yang saya beli adalah Dragon Ball nomer 6. Semenjak saat itu saya mulai menggandrungi komik, dan dari dulu saya selalu tertarik dengan komik lokal. Di masa SMP setiap harinya saya selalu menggambar, sayang tidak ada komik saya yang benar-benar selesai. Kebanyakan hanya berakhir dengan cerita yang masih menggantung di jumlah halaman kurang dari sepuluh. Suatu saat saya sangat ingin membuat komik sampai ceritanya selesai.

3 hal tersebut merupakan daftar pencapaian hidup yang telah berhasil melewati seleksi di alam pikiran saya. Sampai saat ini jika saya mencoba masuk ke hati yang terdalam, keinginan untuk mewujudkan tiga hal tersebut masih ada. Namun sayang, hingga kini saya masih belum menemukan momen yang pas. Hal ini terjadi karena amanah-amanah yang saya terima saat ini membuat waktu saya harus saya alokasikan untuk sesuatu yang lain.
Semoga kelak saya bisa memiliki waktu luang untuk mencapai tiga hal tersebut. Karena sekali lagi, percuma Anda memiliki cita-cita jika Anda tidak berusaha mewujudkannya. Percuma menuliskannya jika hal itu sudah membuat Anda lega.

Karena Anda ingin bukan berarti Anda akan benar-benar melakukannya!

Leave a Reply

