I3M Creative Portal

Pernahkah teman-teman mengetahui ide apa saja yang dipunyai oleh anak ITB?

Apakah teman-teman tahu karya aplikatif dan inovatif apa saja yang sudah dihasilkan mahasiswa ITB ? (dalam hal ini mungkin s1)

I3M sebagai Inkubator Ide dan Inovasi Mahasiswa ITB memiliki kewajiban untuk dapat menginventarisasi potensi yang dimiliki oleh mahasiswa ITB. Potensi ini dapat berupa karya atau inovasi yang siap untuk diimplementasikan. Tentu saja potensi ini perlu dihubungkan dengan stakeholder lain agar dapat termanfaatkan secara luas.

Selain sebagai intermediator inovasi, I3M juga berperan sebagai fasilitator dalam pengungkapan ide. I3M lah yang bertugas mengawasi jalannya proses inovasi dari yang mulanya hanya berbentuk ide sampai menjadi karya yang nyata. Biasanya dalam proses pewujudan ide tersebut hingga menjadi sebuah karya disebut proyek. Di sinilah I3M mengambil peran sebagai Project Management Office yang akan memberikan pedoman dan pendampingan dalam mengelola proses berkarya tersebut. Tentu saja agar dapat menentukan ide mana yang memiliki peluang yang besar untuk diwujudkan dan dimanfaatkan secara luas, I3M perlu menginventarisasi ide apa saja yang ada di kepala mahasiswa ITB.

Nah, sekarang mari kita asumsikan bahwa sebuah inovasi atau sebuah karya berasal dari ide, dan ide ada untuk dapat menjadi karya. Lalu, dari mana datangnya ide, dan apa yang harus dilakukan setelah sebuah karya tercipta?

Jawabannya satu:

m-a-s-a-l-a-h.

Sebuah ide akan bisa kita dapatkan dari permasalahan yang kita hadapi. Makanya, kita pasti sering mendengar istilah “perumusan masalah” sebelum kita berbicara tentang ide yang akan kita sampaikan. Selain itu karya pun pada akhirnya harus menjawab permasalahan. Untuk apa inovasi jika tidak diimplementasikan? Untuk apa punya ide jika tidak diwujudkan? dan, untuk apa masalah jika bukan untuk diselesaikan?

Oleh karena itu saya bersama teman-teman di I3M mempersembahkan I3M Creative Portal. Melalui I3M Creative Portal ini I3M berharap mahasiswa ITB dapat meningkatkan kreativitasnya dalam menelurkan ide-ide brilian, menciptakan karya-karya besar, dan dapat menyelesaikan permasalahan-permasalahan runyam.

Pernahkah teman-teman membayangkan bahwa hanya dengan membuka satu halaman web, teman-teman semua dapat mengetahui ide-ide brilian anak ITB? Dan jika teman-teman punya ide yang sama, mimpi yang sama, atau semangat yang sama, teman-teman dapat bekerja sama dalam mewujudkan ide tersebut?

Pernahkah teman-teman membayangkan bahwa hanya dengan membuka satu halaman web, teman-teman semua dapat mengetahui karya anak ITB? Tidak perlu lagi kita memuat karya yang sudah diciptakan, yang diperlukan adalah pembaharuan atas karya-karya yang ada.

Pernahkah teman-teman membayangkan bahwa suatu saat, masyarakat dapat melemparkan masalah ke mahasiswa ITB? Masyarakat memberikan sebuah soal ujian kepada kita, mahasiswa ITB, dan kita para mahasiswa ditantang untuk dapat mengimplementasikan ilmu dan karya yang kita miliki di dalam kehidupan bermasyarakat. Soal ujian ini bukan datang dari dosen, melainkan datang dari dunia nyata, permasalhan nyata, yang kasat mata. Dan jawaban yang kita berikan bukan hanya teori, melainkan implementasi. Nyata.

Itulah sebuah mimpi besar dari I3M. I3M Creative Portal ini hanyalah sebuah jendela, sebuah batu loncatan agar kelak mahasiswa ITB bersama I3M dapat membangun negara ini melalui ide dan inovasinya. I3M Creative Portal ini hanyalah batu loncatan kecil. Kecil memang, tapi selama batu ini tidak dilompati, kita akan semakin sulit untuk mencapai tujuan di pulau seberang.

Lalu, tunggu apa lagi?

I3M Creative Portal saat ini beralamat di http://inovasiitb.tumblr.com, memiliki fitur submit untuk siapapun. I3M Creative Portal ini merupakan sebuah karya yang dipersembahkan oleh Inkubator Ide dan Inovasi Mahasiswa ITB Periode Kepengurusan 2010/2011 untuk mahasiswa ITB, dan untuk rakyat Indonesia.

Please, feel free to post problem, idea, and innovation. Percayalah bahwa jika masalah itu belum bisa diselesaikan sekarang, kelak akan ada karya yang dapat menyelesaikannya🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s