Teknokultur Informasi

Saat ini teknologi informasi telah jauh berkembang, terutama semenjak dunia internet mengenal web 2.0. Pada web 2.0, web yang terdapat di internet tidak lagi bersifat satu arah, melainkan bersifat banyak arah di mana banyak pengguna dapat menikmati konten yang diberikan oleh banyak pengguna. Hal ini telah menimbulkan banyak pergeseran budaya pada masyarakat dunia. Hal ini ditambah lagi dengan kemajuan teknologi dari perangkat mobile yang telah mengubah cara hidup manusia, terutama dalam hal berkomunikasi dan berinteraksi.

Berikut ini merupakan beberapa layanan yang dapat dinikmati oleh setiap orang di internet. Layanan yang ada di internet telah mengubah cara hidup seseorang.

Google

Kemunculan Google sebagai mesin pencari telah mengubah cara seseorang mengelola informasi. Jika sebelumnya manusia perlu membongkar koleksi majalah, koran, dan buku-buku untuk memperoleh informasi yang dicarinya, kini manusia hanya perlu mengetikkan kata kunci dari informasi yang dicari. Mesin pencari bernama Google akan menampilkan hasil pencarian kata kunci tersebut di internet dalam waktu yang sangat cepat dan hasil yang sangat akurat. Tentu saja kehadiran Google telah mempermudah manusia dalam mencari informasi dengan cara yang instan, tanpa terbatas jarak dan waktu. Saat ini tidak bisa dibayangkan betapa Google telah mempermudah pekerjaan manusia.

Wikipedia

Wikipedia merupakan sebuah ensiklopedia di mana setiap orang di dunia dapat menjadi kontributornya. Saat ini wikipedia telah menjadi rujukan bagi seseorang yang membutuhkan definisi atau penjelasan mengenai suatu hal. Tentu saja, daripada membuka ensiklopedia yang sangat tebal dan memiliki temanya masing-masing, masyarakat lebih memilih membuka wikipedia.com dan menemukan apa yang diperlukannya dengan instan dan praktis.

YouTube

Kehadiran YouTube membuat seseorang dapat dengan mudah berbagi video. Setiap orang dapat menikmati berbagai video yang diunggah oleh orang lain. Selain itu setiap orang juga dapat mengunggah video buatannya sendiri. Hal ini tentu saja mengubah cara orang mengekspresikan diri. Kita pun mengetahui bagaimana shinta dan jojo mengekspresikan dirinya melalui video yang diunggah di YouTube hingga akhirnya video mereka menjadi sangat populer.

WordPress

Kemunculan wordpress memulai era blogging di mana manusia mengganti buku hariannya dengan wordpress. Di sini manusia dapat mengekspresikan dirinya melalui tulisan dan ceritanya. Selain itu kemunculan wordpress juga turut membangun komunitas blogger di dunia maya. Komunitas ini biasanya berteman dan saling mengenal di internet. Setelah saling mengenal di internet, biasanya komunitas ini berlanjut di dunia nyata. Hal ini memberikan perubahan yang sangat signifikan dalam cara membangun komunitas.

Facebook

Facebook telah mengubah cara seseorang berinteraksi dan berkomunikasi dengan teman. Facebook menyediakan fasilitas yang membawa pengalaman menjalin hubungan ke dunia maya. Facebook terus berinovasi dan melakukan pembaharuan. Fitur-fitur yang fenomenal dari facebook di antaranya adalah tag. Fenomena tag ini cukup memberikan perubahan pada perilaku sosial. Setiap kali mendokumentasikan keseharian dengan foto atau video, foto atau video tersebut langsung diunggah ke facebook dan orang-orang yang ada di dalamnya di-tag. Selain itu facebook juga menyediakan fitur untuk komunitas dalam bentuk Group. Di group ini setiap orang dapat berkomunikasi satu sama lain, mirip seperti milis namun dengan tampilan yang lebih simpel dan terdapat notifikasi setiap kali ada anggota group yang mengirimkan pesan. Selain fitur di atas masih banyak fitur lain pada facebook yang berhasil menjaring pengguannya.

Tumblr

Di era kini, manusia menginginkan sesuatu yang praktis, instan, dan simpel. Tumblr memfasilitasi hal ini. Ketika menemukan gambar, video, kutipan, atau link yang menarik, seseorang dapat membaginya dengan cara yang instan dan tampilan yang simpel. Selain itu tumblr sebagai sebuah blog tetap menyediakan layanan untuk menulis. Tumblr merupakan sebuah inovasi dalam dunia blogging di mana sebuah blog dijadikan lebih simpel dipadukan dengan jejaring sosial. Saat ini tumblr cukup dapat mengambil hati masyarakat dunia, bahkan diramalkan bahwa tren web ke depannya merupakan web yang terinspirasi oleh tumblr. Melalui tumblr, seseorang dapat mengintegrasikan berbagai jenis media untuk mengekspresikan diri, ditambah lagi terdapat teman-teman yang akan mengetahui media yang mereka bagi.

Twitter

Twitter merupakan sebuah pengembangan dari blog, dengan jumlah karakter maksimal yang diposting hanya 140. Twitter memberikan wahana baru bagi manusia dalam berinteraksi dengan orang-orang yang dikenalnya. Twitter bersifat real time di mana setiap saatnya seluruh post dari pengguna yang kita follow akan muncul di timeline. Twitter telah mengubah cara seseorang menyebarkan dan memperoleh informasi. Fitur retweet adalah fitur yang mempermudah penyebaran informasi di twitter.

Layanan-layanan yang disebutkan di atas telah mengubah cara seseorang dalam menjalankan tingkah laku sosial, terutama yang berkaitan dengan arus informasi. Di sisi lain, penggunaan layanan di atas pun dapat menimbulkan efek negatif. Di antaranya adalah pola pikir instan pada masyarakat. Adanya twitter membuat seseorang malas untuk mengecek ulang kebenaran suatu informasi. Selain itu twitter juga membuat seseorang dengan gampang mengucapkan kata-kata negatif seperti kalimat emosional dan kalimat bullying. Kehadiran tumblr pun memicu efek negatif berupa kurangnya penghargaan terhadap pemilik gambar atau video di internet karena sering posting tumblr yang ada tidak mencantumkan sumbernya. YouTube pun dapat digunakan untuk berbagi video dengan konten SARA. Selain itu banyak lagi sisi positif dan negatif dari perkembangan teknologi informasi.

Berikut merupakan SWOT dari kemajuan teknologi informasi:

Strength

  1. Mudah memperoleh dan menata informasi
  2. Mudah berkomunikasi tanpa terbatas waktu dan jarak
  3. Mempermudah penyebaran informasi
Weakness

  1. Manusia menjadi malas untuk bertatap muka langsung.
  2. Manusia menjadi malas melakukan cross check terhadap informasi yang ada.
  3. Manusia semakin tergantung dengan internet.
Opportunity:

  1. Terdapat peluang untuk melakukan segala aktivitas tanpa terbatas jarak dan waktu.
  2. Internet dapat digunakan sebagai wahana pendidikan dengan prinsip kolaborasi.
Threat:

  1. Kemudahan berkomunikasi dan berbagi informasi dapat dimanfaatkan untuk konten yang buruk.
  2. Dapat  menimbulkan pola pikir instan

Tulisan ini pada mulanya dibuat untuk tugas kuliah Etika Rekayasa dan Kapita Selekta, tetapi ternyata tugas tersebut dibatasi 1 halaman panjangnya. Ini versi asli tulisannya sebelum dimutilasi.

2 thoughts on “Teknokultur Informasi

  1. sangat menarik bung. buat saya, efek negartif yang harus diwaspadai dari perkembangan teknokultur informasi ini adalah rasa antisosial, karena dengan internet saja seseorang bisa berinteraksi dengan nama samaran dan beberapa orang merasa lebih nyaman dengan identitas barunya di internet daripada karakter aslinya di dunia nyata.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s