Gerakan Indonesia Berkarya

Karya.


Karya adalah salah satu kata yang bagi saya sangat menarik. Saya juga tidak tahu persis di mana daya tarik dari kata karya. Tetapi, yang jelas, “karya” lah yang membuat manusia berbeda dengan makhluk lain di muka bumi. Manusia memiliki kemampuan untuk berkarya, mencipta. Ya, atas belas kasih dari Tuhan sang Maha Pencipta, manusia telah diberikan kesempatan untuk menciptakan sesuatu, berkarya.

Saya mulai menyadari hal ini ketika saya pernah berpartisipasi dalam Pemilu HME ITB. Saat itu saya berpikir, apa sih sebenarnya himpunan itu. Jawaban yang saya temukan ternyata memberikan pertanyaan baru sampai akhirnya saya sampai pada hal yang paling mendasar dari sesosok makhluk: alasan keberadaan.

Percaya atau tidak, segala sesuatu diciptakan dengan alasan yang spesifik. Kalau teman-teman ingat, Einstein juga pernah berkata bahwa Tuhan tidak bermain dadu. Begitu pula manusia, saya percaya bahwa setiap manusia memiliki alasan keberadaannya masing-masing. Setiap manusia dibekali potensi dan bakat tertentu agar dirinya bisa berbuat sesuatu di muka bumi ini. Dan itulah definisi berkarya menurut saya, memaksimalkan potensi yang dimiliki agar bisa memberikan dampak (beramal) bagi lingkungannya.

Semenjak saat itu saya terus mencari, hingga akhirnya saya berpetualang di Inkubator Ide dan Inovasi Mahasiswa. Petualangan selama setahun di I3M membuat kata-kata “karya” semakin tertanam di dalam diri saya. Hal ini menimbulkan konsekuensi bagi saya. Saya tahu bahwa saya harus berkarya. Saya paham bahwa saya punya potensi. Namun, saya belum tahu, apa yang bisa saya lakukan! Hal ini terus membebani saya, dan membuat saya stress. Saya tidak tahu apa yang harus saya lakukan.

Saya berpikir, mungkin tidak hanya saya yang demikian. Mungkin, jutaan anak bangsa lain di Indonesia merasakan hal yang sama. Setiap anak Indonesia mungkin telah paham bahwa dirinya harus melakukan sesuatu, memberikan dampak positif bagi lingkungannya, namun mungkin mereka belum tahu apa yang harus dilakukan, apa yang bisa dilakukan, dan bagaimana cara melakukannya. Buat saya, satu-satunya solusi dari permasalahan ini adalah “Knowledge Management”. Orang-orang yang sudah punya pengetahuan tentang cara berkarya, atau minimal telah bisa memaksimalkan potensi mereka sendiri harus membagi pengalamannya. Mengapa harus? Memangnya siapa yang mengharuskan? Yah, mungkin agak klise, tapi Tuhan menyuruh kita untuk berbagi ilmu🙂 Buat saya sih, ketika saya mendapatkan pencerahan, saya merasa harus membaginya dengan orang lain.

Nah, sebagai langkah awal untuk merealisasikan ide ini, saya bersama beberapa teman di Lab KPRG ITB merancang sebuah gerakan bernama Gerakan Indonesia Berkarya. Rencana jangka pendeknya sih, kami berusaha menjadi semacam “bank karya” bagi seluruh anak Indonesia. Saya yakin karya anak bangsa sudah sangat banyak, tetapi belum terinventaris dan terekspos dengan baik. Belum terinventaris karena mungkin negara kita lebih sibuk menginventaris kekayaan negara yang dikorupsi. Belum terekspos karena mungkin media kita lebih suka mengekspos kehidupan pribadi para selebritis.

Rencana jangka panjangnya? Kami akan menjodohkan orang-orang yang punya karya atau punya ide dengan orang-orang yang memiliki resource dan juga orang-orang yang memiliki masalah. Sebenarnya konsep gerakan ini mirip Inkubator Ide dan Inovasi Mahasiswa ITB, tapi diharapkan cakupannya nasional🙂

Doakan saja kami bisa konsisten dalam mengelola gerakan ini. Mungkin beberapa orang akan menganggap kami hanyalah sekumpulan orang bacot. Tetapi, biarlah waktu yang membuktikannya. Saya juga tidak tahu apakah saya hanya orang yang omong doang atau bukan :p

Saat ini website Gerakan Indonesia Berkarya bisa dikunjungi di http://indonesiaberkarya.tumblr.com, namun ke depannya kami berencana untuk meletakkannya di http://indonesiaberkarya.org (baru saja disewa hostingnya. hehe). Teman-teman dapat melihat karya-karya yang baru kami kumpulkan, teman-teman juga dapat men-submit karya atau cerita inspiratif yang teman-teman punya atau temukan🙂

Follow juga twitternya di @ayoberkarya!

Tunggu apa lagi, mari berkarya untuk Indonesia!

2 thoughts on “Gerakan Indonesia Berkarya

Leave a Reply

