Kekuatan Visualisasi

*ditulis pertama kali untuk blog chordeo

Percayakah Anda bahwa visualisasi sebuah ide atau gagasan dapat membantu membuatnya menjadi nyata?

Percayakah Anda bahwa kondisi Anda di masa kini dibentuk oleh pemikiran Anda di masa lalu?

Ade Harnusa, CEO Chordeo

Saya pernah merasakan betul bahwa sebuah gagasan, jika divisualisasikan, akan lebih mudah menjadi nyata. Jika teman-teman pernah membaca buku atau menonton video tentang Law of Attraction, tentu teman-teman memahami bahwa pikiran memiliki energi yang sangat kuat. Pikiran bawah sadar jauh lebih kuat daripada pikiran sadar. Sehingga, apa yang ada dalam pikiran bawah sadar kita akan memiliki daya tarik yang lebih besar dan lebih dapat menarik pikiran tersebut menjadi kenyataan.

Pikiran bawah sadar tidak dapat membedakan imajinasi dan kenyataan. Oleh karena itu, kita tentu sering mendengar sebuah kutipan yang berbunyi

Whether you think you can or can’t, you’re right,”

dari Henry Ford. Maka dari itu, jangan pernah takut untuk bermimpi dan berimajinasi.

Saya sendiri telah mengalami langsung, efek dari visualisasi ini. Beberapa waktu yang lalu saya mengikuti Kontes Muatan Roket Indonesia 2011. Sampai tahap workshop, persiapan kelompok saya belum matang karena tim masih sibuk dengan hal lain. Saya sendiri sempat sakit campak, lalu sakit mata untuk waktu yang cukup lama, sebulan. Menyadari bahwa persiapan kami sangat kurang, semenjak workshop kami hanya mengincar juara untuk kategori inovasi terbaik. Semenjak saat itu, setiap kali rapat tim saya selalu tanpa ragu mengatakan, “Target kita adalah Best Innovation!”

Setelah workshop kami pun kembali pada kesibukan masing-masing. Saat itu kami belum bergerak karena belum mendapatkan dana untuk membeli komponen. Lomba pun kembali terlantar. Namun, di tengah keterlantaran tersebut, kami masuh berusaha mengajukan dana ke kampus. Kebetulan saat itu, fakultas kami, STEI tengah mengadakan pameran inovasi mahasiswa. Karena kami mengajukan dana ke fakultas, kami juga disuruh untuk mengisi pameran tersebut.

Dan tahukah Anda, apa yang terjadi? Di sana kami dikumpulkan bersama mahasiswa-mahasiswa yang sudah mendapatkan gelar juara. Kami diperlakukan layaknya tim yang sudah juara, padahal lomba kami belum dimulai bahkan persiapan belum seberapa. Saat itu visualisasi tentang kemenangan kami begitu nyata. Yang paling tidak disangka-sangka, pihak fakultas memberikan sebuah sertifikat yang menyatakan bahwa kami adalah pemenang Kontes Muatan Roket Indonesia 2011.

perhatikan bahwa tanggal sertifikat tersebut adalah 9 Mei

Dari situ visualisasi semakin jelas. Apalagi di sana juga dikatakan bahwa, “Di sini yang dipamerkan bukan hanya prestasi yang telah lalu, tetapi juga prestasi yang akan datang.” Tentu saja yang dimaksud prestasi yang akan datang adalah prestasi dari kami, sebab hanya kami yang belum menyandang gelar juara.

Setelah diperlakukan layaknya juara, tentu saja kami harus bertindak layaknya juara. Dengan sisa waktu yang ada, kami bekerja keras pada minggu terakhir sebelum lomba. Kami juga tak lupa untuk  selalu berdoa dan bersyukur kepada Tuhan karena telah diberi kesempatan melaju ke babak final.

Tanpa disadari, pikiran bawah sadar kami telah menarik energi positif. Meskipun roket kami mengalami gagal separasi, kami tetap optimis akan mendapatkan gelar juara. Dan akhirnya, berkat anugerah Tuhan yang Maha Kuasa, kami memperoleh gelar juara. Meskipun ternyata tidak ada gelar inovasi terbaik, tetapi kami akhirnya mendapatkan gelar Juara Kreativitas Terbaik.

perhatikan tanggal sertifikat, 27 Juni!

Visualisasi gagasan ini dapat dilakukan dengan berbagai macam cara dan media. Biasanya semakin nyata visualisasi tersebut, pikiran bawah sadar kita akan menarik energi positif lebih besar untuk mewujudkannya menjadi nyata.

Tunggu apalagi, segera visualisasikan gagasan, mimpi, atau ide yang Anda miliki! Lalu, berusahalah untuk terus berpikir dan berperasaan positif, berusaha dengan maksimal, dan berdoa kepada Tuhan! Semoga kekuatan visualisasi dapat memberikan energi positif untuk Anda!

Saya dan Ketua Tim saya berfoto di depan salah satu media visualisasi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s