Catatan yang Tak Pernah Selesai

Bumi Medika Ganesha, 28 Maret 2012 2:33

Tak terasa, 7 April 2011 telah lama berlalu. Hari itu begitu berkesan bagi saya. Di hati itu, seorang PJS Ketua Kongres mengirimkan message facebook yang berisi surat keputusan kongres bahwa saya telah resmi menjabat sebagai PJS MWA Wakil Mahasiswa Periode 2011.

Tanpa terasa, waktu berjalan begitu cepat membawa banyak perubahan yang tidak terduga sebelumnya. Mulai dari saya yang berencana lulus Oktober 2011, MWA yang direncanakan akan berakhir di bulan September 2011, serta wacana mengenai akan disahkannya RUU PT di tahun tersebut. Setelah di bulan Januari 2012 lalu saya lulus sidang tugas akhir, kini status saya adalah calon wisudawan April 2012. Sejujurnya, saya sudah membayangkan dari bulan Februari 2012, bahwa perubahan ini terlalu cepat dan tak terduga sehingga apa yang saya takutkan kini terjadi. Yakni, MWA masih ada dan belum ada yang akan menggantikan saya meskipun saya sudah akan wisuda.

 Tak apa, ini merupakan bagian dari dinamika kemahasiswaan yang harus dihadapi. Dan, melalui tulisan ini saya hendak berbagi tentang sedikit pembelajaran, dan menceritakan sedikit cerita seru selama saya menjabat menjadi PJS MWA Wakil Mahasiswa 2011.

Pemira yang Gagal

Berbeda dengan MWA Wakil Mahasiswa beberapa tahun ke belakang, saya tidak mengikuti rangkaian pemira KM ITB. Pemira KM ITB di kala itu telah gagal memilih MWA Wakil Mahasiswa yang baru. Tidak seperti tahun sebelumnya, kali ini Presiden tak lagi diduetkan dengan MWA Wakil Mahasiswa. Entahlah, ketika itu kalau saya tidak salah dengar, alasannya adalah ranah kerja keduanya berbeda, dan juga karena sistem tersebut akan menghalangi calon presiden atau calon MWA yang tidak punya pasangan.

Alasan pertama mungkin benar. Ranah kerja keduanya berbeda, MWA WM merupakan representasi dari mahasiswa ITB di MWA sedangkan Presiden merupakan pimpinan eksekutif KM ITB. Keduanya memang berbeda, namun sangat berkaitan erat. Segala kebijakan yang dibuat di MWA akan memberikan pengaruh bagi KM ITB. Sedangkan yang memiliki wewenang untuk memimpiin dan mengkoordinasikan seluruh lembaga di KM ITB adalah kabinet.

Jika teman-teman mahasiswa mengharapkan ada dampak yang signifikan dari adanya mahasiswa di MWA, maka seharusnya MWA WM dan kabinet haruslah memiliki hubungan yang sangat erat. Harus ada konsistensi dari KM ITB dalam memperjuangkan aspirasi mahasiswa. Tidak heran, sebelum ini Presiden dan MWA Wakil Mahasiswa sempat dijabat oleh orang yang sama. Namun, ketika seseorang merangkap dua jabatan ini, ia haruslah memiliki skill manajemen yang baik dan bisa menempatkan diri dengan baik.

Kantin Salman 3:52

Sedangkan alasan kedua, bisa jadi relevan bisa jadi tidak. Apabila pemisahan keduanya justru mempersulit organisasi dalam mencapai tujuannya maka saya rasa alasan itu tidak relevan. Namun, apabila memang setelah pemisahan tidak terjadi permasalahan, seharusnya pemisahan tersebut tidak perlu dilakukan.

Faktanya adalah pemilu MWA WM mengalami kegagalan. Sedangkan menurut isu terkini kala itu, MWA akan segera berakhir pada September 2011. Oleh karena itu, akhirnya kongres memutuskan untuk menunjuk saya sebagai PJS MWA Wakil Mahasiswa periode 2011.

MWA Belajaran

Dari awal 

Keresahan

Catatan ini tak pernah selesai. Sama seperti petualangan saya yang belum selesai. Sama halnya dengan saya yang masih penasaran tentang banyak hal, tentang kemahasiswaan, tentang ITB, tentang Pendidikan, tentang Hukum, tentang Republik Indonesia. Namun, batas waktunya sudah tiba, selesai atau tidak selesai, catatan itu harus saya kumpulkan. Saya harus memulai sekolah baru, dengan kelas yang baru, pelajaran yang baru. Namun spirit dan roh ke-ITB-an tak boleh padam. Semua pelajaran dan kebijaksanaan yang dapat di masa lalu akan terus saya bawa dalam diri saya.

Semoga kelak catatan ini bisa selesai..

Leave a Reply

