A Fresh Graduate Story of Azhari Surya Adiputro

Mas Romo : “Kalian tau kenapa proyek ini namanya PALAPA ?”
Massa HME : …
Mas Romo : “Dulu Patih Gajahmada pernah bersumpah, tidak akan bersenang-senang sebelum mempersatukan nusantara, sumpah itu namanya sumpah palapa. Kami juga sama, kami tidak akan bersenang-senang sebelum seluruh rakyat Indonesia merasakan listrik”

— Ramadani Wahono (Romo) EL 06, Ketua PALAPA II HME ITB.

September – Oktober 2011.

Cerita dimulai sejak dinyatakan lulus sidang, 29 September 2011. Mulailah daftar-daftar di jobfair. Kerasa banget rasanya jadi “job seeker”. Perubahan yang ngga enak dari status mahasiswa ke “pencari kerja”. Alhasil dari job fair, ikut proses Astra sampe wawancara HR, tapi belom ada panggilan lanjutan, gagal tes pauli di Telkomsel, gagal FGD di General Electric,, Pertamina, Garuda Maintenance Facility, Telkom, sama Rekayasa Industri ngga ada panggilan, akhirnya saya memutuskan untuk mencoba cari magang ke XXX, soalnya rekrutmen XXX biasanya bulan Juni, jadi magang dulu aja deh gapapa, daripada nganggur, sekalian liat-liat kalo ada rekrutmen-rekrutmen lain.

Desember 2011.

XXX ini bumn strategis dan memang lagi butuh banyak orang, karena proyeknya banyak dan orangnya memang cuma sedikit. Di XXX itu ada pekerja tetap sama outsource. Yang outsource itu masuknya dari koperasi XXX, jadi dibayar sama koperasi. Sebetulnya ada satu lagi, namanya THL : tenaga harian lepas, alias “magang”, nah yang magang ini dibayarnya sama divisi yang membutuhkan, diambil dari uang proyeknya, jadi bukan dibayar sama XXX, bukan sama koperasi.

Kebetulan pas bulan desember itu diberlakukan peraturan baru, bagi yang mau jadi pegawai outsource, harus lolos psikotes XXX dulu. Kenapa, karena pegawai ini diharapkan memang jadi pegawai tetap XXX, jadi nanti pas ada proses rekrutmen ngga usah prikotes lagi, tinggal wawancara direksi sama tes kesehatan.

1 Desember 2011, saya diikutkan psikotes XXX, atas permintaan Pak AD (angkatan’ 87), GM Divisi Pusat Teknologi dan Inovasi, sama Pak H (angkatan ‘00), kepala proyek renewable energy, pembimbing KP (dulu) sama calon user saya. Buat jadi pegawai outsource dulu, kalo lolos nanti bulan juni tinggal wawancara aja sama tes kesehatan (rencananya). Tanggal 2 desember nya saya mulai masuk di XXX sebagai pegawai “magang”, selagi menunggu hasil psikotes nya keluar.

Pertengahan desember saya mimpi,
(mimpi)
Pak AD : “azhari … kamu ngga lolos psikotes”
Azhari : … (terbangun)

Dua hari kemudian ada sms masuk, saya dipangil psikotes YYY Geothermal Energy di UI. Hari itu saya mau menghadap Pak AD untuk minta izin ngga masuk kerja. Sebelum menghadap ternyata,
Pak AD : “azhari”
Azhari : “ya pak”, saya ikut ke ruangan nya
Pak AD : “seperti yang saya khawatirkan, kamu ngga lolos psikotes”
Azhari : (waduh)
Pak AD : “saya juga ngga tau kenapa, anak EL itb kok susah banget lolos psikotes XXX, anak TF malah banyak yang lolos”

Saya ngobrol banyak sama pak AD, sampe ke 4 karakter orang, ada dominan, influence, steady, sama complience. Dan memang kebanyakan orang di XXX itu karakternya steady dan complience, mungkin saya ngga termasuk disitu. Saya dikasi liat hasil psikotes dan diminta di fotocopy buat belajar. Dari situ saya tau di mana aja point kelemahan saya. Yaudah, hari itu saya sekalian izin ngga masuk kerja buat tes YYY. Pak AD bilang mudah mudahan lolos di YYY. Berangkatlah saya ke UI buat test YYY.

Karena udah ada hasil psikotes XXX, saya cari tau di tes apa sebenernya point2 lemah saya itu, saya tanyalah anak psikologi UI. Eh ternyata poin itu ada semua di tes pauli, pantesan rendah semua, saya memang cupu pisan di tes itu. Akhirnya saya ciptain jurus buat tes pauli di YYY. Udah tes di YYY, saya masuk lagi dan kerja seperti biasa. Beberapa hari kemudian ada pengumuman, XXX buka rekrutmen ! tes nya bulan januari, oke saya bakal ikut (dalam hati)

Januari 2012

Suatu hari saya dipanggil ke sdm, disuruh ngelengkapin dokumen2 buat pegawai kontrak. Lho kok bisa ? saya kan ngga lolos psikotes.
Azhari : “bentar2 mbak, saya kan ngga lolos psikotes, kok dikontrak, kan ngga bisa”
Mbak w : “wah saya ngga tau, pokoknya kamu disuruh ngelengkapin dokumen sama koperasi”
Azhari : “lho kok gitu, saya malah berencana ikut rekrutmen yang januari ini mbak”
Mbak w : “kamu udah psikotesnya kapan si kemaren?”
Azhari : “desember tanggal 1 mbak”
Mbak w : “mana boleh tes lagi, biasanya harus tunggu 6 bulan, baru bisa tes lagi”
Azhari : “kok gitu mbak, ini kan rekrutmen di depan mata, saya mau ikut, saya kan belom terikat”
Mbak w : “yaudah kita ke kepala sdm aja”

Hari itu pertama kalinya saya ketemu kepala sdm. Kepala sdm ngotot saya ngga boleh test yang bulan januari ini, alasannya psikologis seseorang itu ngga berubah sebelum 6 bulan, jadi walaupun dicoba hasilnya bakal sama aja. Minimal 6 bulan baru berubah, itu juga cuma 10% orang yang berubah katanya. Jadi mending saya ambil aja kontrak koperasi ini, exceptional dari pak AD langsung walaupun saya ngga lolos psikotes. Kontraknya juga beda dari yang laen, cuma 6 bulan aja. Pak AD berharap setelah 6 bulan kontrak habis, pas ada rekrutmen XXX bulan juni, jadi saya bisa ikut lagi.

Mbak w : “udah ambil aja kontraknya, 6 bulan lumayan lah”
Azhari : “iya mbak”
Mbak w : “sekalian kamu daftar2 yang laen juga”
Azhari : saya sebenernya abis tes YYY mbak kemaren (dalam hati)
Mbak w : “coba di YYY, siapa tau lolos, kaya saya aja, daftar UKSW ngga lolos, daftar UGM malah lolos”

Akhirnya saya ambil kontrak koperasi itu. Jadilah saya pegawai kontrak (outsource) XXX sejak 2 Januari 2012

Februari 2012

Tanggal-tanggal awal februari saya di sms YYY buat wawancara user sama hr. Pas satu hari sebelum Pak Mentri Dahlan dateng ke XXX. Saya minta izin pak AD untuk ngga masuk kerja lagi.

Azhari : tok-tok
Pak AD : “azhari, gimana-gimana”
Azhari : “pak saya mau minta izin ngga masuk besok, saya dipanggil wawancara YYY”
Pak AD : “wah selamat, berarti kamu lolos psikotes nya ya, haha, disini ngga lolos, di YYY malah lolos, oke oke semoga sukses ya besok”

Berangkatlah saya ke YYY.

Besoknya, hari pak dahlan dateng ke XXX, satu hari setelah wawancara YYY, pak AD tanya
Pak AD : “gimana wawancaranya ?”
Azhari : “ketawa-tawa aja pak kemaren sama yang wawancara”
Pak AD : “wah gitu ya, haha” “kalo kamu bisa milih, kamu pilih di YYY apa di sini ?”
Azhari : “saya pilih di XXX pak”
Pak AD : “mudah mudahan saya bisa usahakan tes kamu dipercepat”

Maret 2012

YYY ini pengumuman nya memang selang satu bulan ternyata. Dan memaang bener prediksi saya, awal maret sms masuk. Saya dipangil tes kesehatan di YYY. saya minta izin ke pak AD lagi.

Azhari : tok-tok
Pak AD : “oh, azhari, gimana-gimana”
Azhari : “pak saya mau minta izin ngga masuk besok, saya dipanggil tes kesehatan YYY”
Pak AD : “wah tampaknya lanjut terus ya YYY, setelah ini kalo lolos langsung diterima ya ?”
Azhari : “wah saya juga ngga tau pak, tapi kalo temen yang YYY persero ada wawancara direksi setelah tes kesehatan” “kapan pak saya bisa tes XXX lagi ?”
Pak AD : “mungkin mei paling cepet, tapi saya usahakan lebih cepet”

Pertengahan maret, pak AD bilang ada psikotest, saya bisa ikut. Alhamdulillah (dalem hati). soalnya udah mendesak banget waktunya, awal april pasti YYY pengumuman, kalo lolos dan XXX belom tes dan ada hasilnya, saya terpaksa pilih YYY.

Eh, satu hari sebelum psikotest pak AD tib-tiba bilang
pak AD : “azhari, tampaknya sdm ngga ngebolehin kamu tes besok, saya juga ngga tau kenapa, coba kamu ke sdm”
azhari : (aduh ini sdm kenapa lagi si)

saya menghadap kepala sdm untuk kedua kalinya !

kepala sdm : “kenapa kamu ?”
azhari : “saya mau ikut psikotes besok pak”
kepala sdm : “kan belom 6 bulan, orang itu ngga akan berubah sebelom 6 bulan, saya tidak menyarankan kamu tes besok”
azhari : (dalem hati) kalo aja bapak tau, saya ini dalam posisi terjepit pak, YYY bakal pengumuman awal april besok, ngga ada waktu lagi kalo saya ngga tes besok, mungkin besok itu kesempatan terakhir saya untuk bisa masuk XXX

kepala sdm : “tapi ya terserah kamu aja, kalo kamu mau ya dateng aja besok”

saya pulang ke ruangan, ketemu sama pak H dan ngejelasin semuanya apa kata sdm, pak H dan pak AD tau betul saya dalam posisi terjepit, dan memang pengumuman YYY sebentar lagi. Pak AD memang berusaha mempercepat tes saya supaya saya ada pengangan, kalo YYY nya lolos bisa saya tinggal karena memang udah lolos di XXX, tapi kalo kaya gini gimana saya bisa pegang ke XXX, wong tes juga belom boleh sama sdm, sedangkan YYY pengumuman 2 minggu lagi, awal april. Akhirnya pak AD bilang, udah besok tes aja.

Saya yang dapet keputusan ikut tes jam setengah 6 sore itu, ngga kepikiran tempat tes nya dimana, saya kira di XXX. Allah memang sudah mengatur semuanya. Besoknya saya dateng ke XXX, dan ternyata tesnya bukan di XXX ! saya bingung, saya ke sdm, ngga ada yang tau dong, cuma mbak w yang tau. Saya telpon ngga nyambung2, sampe setengah 9 pagi baru nyambung. Ternyata tempatnya bukan di XXX, dan ngga ada lembar test disiapin buat saya, karena katanya kepala sdm ngga bilang saya mau ikut test, saya kan belom 6 bulan dari tes desember. Buyar sudah harapan terakhir, entah kapan ada tes XXX lagi.

April 2012

Dan bener, awal april, saya ditelpon, saya lolos untuk bps YYY. Saya bingung, bener2 kejadian prediksi saya 2 minggu lalu. YYY pengumuman, XXX belom test. Saya langsung ngadep pak AD

Azhari : tok-tok
Pak AD : “oh, azhari …”
lama pak AD menatap saya, pak AD sudah tau, apa yang bakal saya bilang, jadi beliau yang mulai duluan

pak AD : “kamu lolos YYY ya ”
Azhari : “iya pak”
pak AD : “pilihan yang sulit” “di dalem hati kamu, kamu pilih YYY ato XXX”
azhari : “saya pilih XXX pak”
pak AD : sambil bercanda, “yakin kamu ? ini YYY lho, kesejahteraan nya jauh berkali kali lipat dari XXX, haha”
azhari : “saya ngga berfikir masalah itu pak”
pak AD : “pilihan yang sulit ini”

pak AD berdiri, “saya akan telpon kepala sdm sekarang !”

jadilah hari itu saya ngga kerja, udah ngga bisa mikir, bingung, saya harus ngirim fax ke YYY buat pernyataan bersedia bps juga. Saya minta tolong mbak sekretaris disana.
azhari : “mbak, disini ada fax kan ?”
mbak sekretaris : “bisa, mau fax kemana mas ?”
azhari : “YYY mbak”
mbak sekretaris : “mas keterima di YYY ?”
azhari : “iya mbak”
mbak sekretaris : “keterima di YYY kok kaya sedih gitu”
azhari : “haha” “besok saya minta tolong kirim ya mbak”

Sore itu saya dapet kabar dari pak AD
pak AD : “azhari, pilihan yang sulit”
azhari : …
pak AD : “kepala sdm tetep ngga mau meloloskan orang kalo ngga lewat psikotes” “saya ngga bisa ngasih apa apa lagi, saya cuma bisa ngasih kamu jaminan test berkali kali tanpa batas, sampe kamu lolos” “cuma itu usaha maksimal yang bisa saya berikan” “selama kamu belom lolos, kamu bakal terus di kontrak”
azhari : “boleh saya test besok pak ?” “setidaknya usaha terakhir saya untuk masuk XXX pak”
pak AD : “tapi hasinya bakal keluar dua minggu lagi” “kamu harus kirim fax nya besok kan ke YYY ?”
azhari : “iya pak”
pak AD : “pilihan yang sulit memang” “coba istiharoh dulu”

Pilihan yang sulit memang, sangat sulit. YYY di depan mata, udah lolos, tinggal fax aja, sedangkan XXX 50:50 juga kalo ikut test lagi, bisa lolos bisa ngga.

Melalui proses yang panjang, akhirnya besoknya saya putuskan untuk kirim fax bersedia ke YYY. Saya bilang ke pak AD
azhari : “pak AD, saya kayaknya pilih ke YYY”
pak AD : “kok kayaknya, haha” “jujur kami XXX kehilangan anda, tapi prosedur dan peraturan memang harus dipatuhi”
azhari :”iya pak” “saya mau berterima kasih banyak selama ini, untuk semuanya”
pak AD : “kami juga, kami juga minta maaf, semoga kita bertemu lagi sebagai rekanan bisnis”
“YYY geothermal banyak engineering nya kok, masih cocok lah sama kamu”

Hari itu saya ke koperasi, ngasihin surat pengunduran diri,

Besoknya hari terakhir di XXX, saya pamitan ke semua orang di divisi. Lho udahan ya disini, keterima dimana, wah YYY, selamat ya, semua orang senang sekali tampaknya, kok saya sendiri yang sedih di dalam hati, karena memang ngga ada yang tau perjalanan saya selama ini. Hari terakhir itu sedih banget rasanya, tapi semua orang disana senang sekali, raut wajah mereka bahagia. Hari itu ketawa-tawa, haha.

Besoknya bapak ibu dateng, lusanya acara malem wisuda HME, , sabtu saya wisuda di sabuga, salaman sama rektor itb di urutan terakhir barisan elektro karena orang tambahan, hari minggu besok nya saya masuk residensi di hotel ahadiat bandung, bahkan belom sempet foto wisuda di jonas bareng bapak sama ibu.

Dimulailah perjalanan panjang saya di YYY geothermal, YYY yang bener2 beda, renewable energy, yang dicari uap air, jadinya pembangkit listik. Rasanya berat banget ninggalin Bandung. Hari terakhir di Bandung saya muter2 itb. Rasanya sedih banget. Tapi saya harus meneruskan cita-cita mulia PALAPA HME, “kami tidak akan besenang-senang sebelum seluruh rakyat merasakan listrik”.

——–

I was surprised when suddenly Azhari was chatting with me on Facebook. It’s been a long time since I asked him how he joined YYY. I know that working for XXX Industri was his dream since we were in college. I know that his passion is to become an electrical engineer that serves his country.

When everyone else was chasing for a job in private company, Azhari was not in the race. Azhari only wanted to work for company owned by government. Since he is passionate in electrical engineering, XXX Industri is the best place for him. Yeah, I think money doesn’t come in the first place for Azhari. Azhari is a dreamer. I always miss the way he made conversations that bring us border-less imagination. That kind of talk can always make me believe whatever our dream is, there is always a way to make it true.

Back to topic, every time I saw Azhari is online on ym or fb, I asked him to tell the story. But, since I was in IBM, Azhari told me to ask Imul because Imul knows the story. On the other hand, Imul didn’t want to tell me the story although I said that Azhari asked me to ask him. So, I insisted Azhari should tell me the story. Eventually, Azhari did tell me the story, a long one, by facebook chat. That’s story is splendid! Anyone who read it must seize some lessons from the story.

Sometimes we want something so bad that it occupied the first place in our bucket-list. Unfortunately, we can never choose what option will be offered by the universe. It comes to a dilemma when what we wanted at the most is not available in store. But the show must go on, we have to make a decision. Once we decide, there is no way back. We have to deliver!

Yeah, I am posting it on my wordpress because this story is one of the story that I want to remember forever😀

3 thoughts on “A Fresh Graduate Story of Azhari Surya Adiputro

  1. wah, Azhari hijrah dari elektronika menjadi teknik tenaga listrik. bisa jadi inspirasi buat lulusan yang sudah bosan dengan elektronika. (nyepet diri sendiri)

Leave a Reply

