Ketika Wapres RI Menulis tentang Pendidikan

Saya baru saja membaca tulisan dari wapres RI Boediono yang berjudul “Pendidikan Kunci Pembangunan“, tulisannya sangat bagus. Dari tulisan ini saya menangkap kesan bahwa Wapres kita memiliki keresahan seputar Pendidikan. Tapi saya bingung, kenapa ya Pak Wapres nggak langsung aja merealisasikan pemikirannya tersebut? Beliau kan seorang Wakil Presiden, kalau ada mahasiswa bikin seminar dengan judul Presidential Lecture dan yang memberikan lecturenya Pak Boediono kan sudah legitimate. Apakah memang jadi Wakil Presiden pun tidak memiliki kewenangan apa-apa? Atau memang segitu susahnya membuat perubahan untuk bangsa ini?

Saya tidak tahu apa yang terjadi, tapi sekarang saya bertanya-tanya, masih perlukah saya bermimpi jadi Wakil Presiden apabila ujung-ujungnya saya tidak bisa merealisasikan gagasan saya, sekalipun saya memegang jabatan sebagai orang nomor dua di negeri ini? Apa yang salah dengan negara kita? Yah, ini mah hanya pertanyaan lugu dari seorang pemuda lugu yang tidak tahu menahu dunia perpolitikan Indonesia sama sekali. Hehe

Oh iya, saya jadi ingat beberapa hari lalu saya menonton episode Kick Andy dengan narasumbernya adalah Sultan (saya menonton di sini. Di situ juga Sultan bercerita bahwa Ayahnya sebelum meninggal berpesan kepada Sultan untuk lebih berani mengatakan kebenaran. Menurut kisah yang saya tahu, Sultan (HB X) yang ketika itu pernah menolak dicalonkan kembali menjadi wapres. Saya juga jadi teringat bahwa di akhir-akhir kebersamaan SBY-JK, konon katanya JK juga sudah tidak dianggap lagi. Entah benar atau tidak, saya tidak tahu, tapi yang saya dengar begitu.

Jadi kalau saya terus bermimpi jadi wakil presiden, lalu suatu saat benar-benar jadi wakil presiden, apakah saya bisa mengubah bangsa ini jadi lebih baik?

*saya bermimpi jadi wakil presiden hanya untuk keperluan menulis cerita ini

**sesungguhnya ini tulisan iseng belaka, tidak berkonten dan tidak berbobot, hanya sekedar kejar postingan😀

Leave a Reply

