Tentang SoundCloud, Musisi, dan Perkembangan Jaman

SoundCloud

Semenjak 17 hari yang lalu, saya jadi keranjingan soundcloud. Jika sebelumnya saya sangat jarang meng-upload lagu, dalam rentang 17 hari ini saya telah meng-upload 5 buah lagu. Ya, terkadang saya begitu bosan sepulang kuliah atau ketika sedang malas beraktivitas di kamar. Jika bosan sudah tak tertolong, saya pun bermain gitar dan iseng merekamnya. Ya, sebagai bukan penyanyi profesional yang lebih sering menyanyi di dalam hati, tentu saja banyak miss di sana-sini. Tapi, entah kenapa di jaman social media ini, for the sake of something that I don’t really understand, saya pun jadi membagi suara kacau saya di soundcloud:

http://soundcloud.com/syarif-rousyan-fikri

Salah satu cita-cita saya adalah menjadi seorang song writer. Saya juga ingin kelak bisa menciptakan lagu-lagu anak. Ya, saya ingin membuat sebuah lagu yang bisa membuat hidup manusia jadi lebih baik. Entah kenapa, ada idealisme semacam ini di benak saya, dan saya tak tahu datangnya dari mana. Karena sadar bahwa suara pas-pasan, skill gitar pun segitu-segitu aja, saya pun jadi berpikir, bisanya sih jadi song writer kali ya. Sebenarnya ini juga terinspirasi oleh Arief Ibrahim, senior saya angkatan 2006 yang tempo hari bekerja untuk sebuah perusahaan India di Singapura, dan sebentar lagi hendak diekspor ke Afrika Selatan untuk nambang emas di sana.  Si Baim ini dulu pernah suka bikin ribut di HME dengan lagu ciptaannya, yang berjudul “Cari Kosan“. Waktu itu saya baru aja belajar bermain gitar, lalu muncul percakapan seperti ini dengan Baim:

“Im, lo emang pengen jadi musisi gitu entarnya?”

“Yaa, gue sih mungkin arahnya lebih ke songwriter gitu sih. Habisnya skill gitar juga mentok segini-segini aja”

Musisi

Oh iya, di soundcloud ini saya punya beberapa teman yang follow-followan. Salah satunya adalah Yonny. Yonny adalah teman seangkatan saya di Teknik Elektro ITB yang saat ini sedang menjadi mahasiswa master Computer Science di Korea Selatan. Dia benar-benar bercita-cita ingin jadi musisi. Saya juga heran pada awalnya. Aneh, mahasiswa Teknik Elektro kok mau jadi musisi. Bahkan saking serius dan niatnya, dia punya visi bahwa 2013 sudah mengeluarkan album, lihat saja bagaimana dia memvisualisasikan hal tersebut pada salah satu video youtube lagu buatannya.

Selain itu, ada juga teman saya yang sekarang menjadi bassist Vincent Vega, yakni Aulia Ramadhan. Sebagai kawan senasib sepenanggungan karena pernah mengulang kuliah, saya selalu berdoa pula agar Aul senantiasa dimudahkan Tuhan biar cepat lulus. Sebab Aul digadang-gadang akan menjadi masa depan musik indie Indonesia.

Ya, ya ya. Pada akhirnya saya tersadar bahwa setiap orang bebas untuk mengejar ‘matahari’nya masing-masing. Setiap orang pasti memiliki hal-hal yang bisa membuatnya ‘on’, dan yang namanya pendidikan formal pun tidak sepatutnya mengekang seseorang dalam mengejar passionnya.

Perkembangan Jaman

Seiring dengan perkembangan jaman dan perkembangan teknologi informasi, dunia sekarang benar-benar lebih mudah sekaligus lebih susah. Saat ini infrastruktur yang ada sangat memungkinkan seseorang untuk menjadi apa yang dia mau. Ingin bikin channel tv sendiri? Sekarang sudah ada youtube. Ingin jadi penulis? Ada juga orang-orang yang menulis ebook lalu membagikannya di internet.

Maksud saya, sekarang ini semua orang bisa dibilang memiliki kesempatan yang sama untuk bisa menjadi apa yang dia mau. Tapi tentu saja, karena setiap orang memiliki akses yang sama, seseorang harus benar-benar memiliki value yang tinggi untuk bisa membuat karyanya berbeda dari karya yang biasa.

Luar biasa ya, bagaimana internet bisa memberi kesempatan bagi kita untuk berkarya dalam banyak hal. Saya sampai sekarang masih amazed dengan ide-ide gila, termasuk dengan ide self-publishing ini.

Leave a Reply

