Pasmission #2 Your passion is inside you!

English translation will come up soon! :p

Ada yang bilang manusia itu tergerak oleh dua motif, yakni reward dan punishment. Faktanya, banyak hal yang kita lakukan dalam hidup ini, bukan karena kita mau melakukannya, tapi karena kita mau reward-nya atau tidak mau mendapatkan punishment-nya. Ya, apa yang terlihat di depan mata biasanya memang lebih mudah kita ikuti. Tentu kita juga pernah merasakan, betapa berharganya siraman semangat dan motivasi dari orang-orang di sekitar kita. Ya memang begitu adanya. Kita butuh stimulus dari luar.

Tapi, konon katanya motivasi terkuat berasal dari dalam diri sendiri. Yang membuat seseorang tetap tangguh dan fokus menjalani hidupnya, tak lain adalah dirinya sendiri. Dan, konon lagi, katanya ada suatu sumbu yang jika dia sudah menyala, apinya akan memberikan semangat yang tak pernah padam. Itulah yang biasa disebut passion atau kalau dibahasakan lebih terkenal dengan lentera jiwa. Sesuatu inilah yang akan membuat kita ON! Melakukannya dengan sangat asyik dan tak terkadang tak peduli tentang hasil dan imbalan apa yang akan diperoleh.

Ya, bukan dari luar, tapi dari dalam. Bukan tentang mengenal dunia, tapi mengenal diri sendiri, self-discovery. Bukan mencari apa yang disukai orang;bagaimana sosok ideal menurut kebanyakan orang; apa yang baik menurut pandangan masyarakat, melainkan mencari apa yang sebenarnya dimaui oleh jiwa kita sendiri. Apa yang kita anggap berharga? Apa yang kita anggap seru dan asik kalau dilakukan? Dan ini ada di dalam diri kita sendiri kok. Bukan tentang apa yang dilihat oleh mata, tetapi apa yang dirasakan oleh hati. Mencoba berdamai dengan diri sendiri, setelah bertengkar dan saling berbohong sekian lama.

Dan dari diri sendirilah semua bermula. Dari sinilah kita harus mulai mencari apa yang selama ini kita cari..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s