Pasmission #1 Everyone is special!

English translation will come up soon! :p

Actually, it’s arguable, tapi sebaiknya dipercaya saja. Entah kenapa saya percaya bahwa Tuhan pasti menciptakan manusia dengan sebaik-baiknya, artinya semua manusia itu the best (on a particular area of course). Yup! Setiap manusia jenius di suatu bidang tertentu. Pasti. Hanya saja tidak semua manusia berjalan pada track yang benar dalam hidupnya, maka dari itu dia menjadi biasa.

Coba deh, mampir ke video ini, speech dari Jubing pada TEDxJakarta. Jubing bercerita kalau dulu dia sempat 13 tahun jadi wartawan. Dia bilang dia tidak menonjol, hanya menjadi wartawan biasa. Tapi, begitu akhirnya dia masuk ke track yang tepat, kedahsyatannya langsung keluar. Dahsyatnya aransemen lagu yang dimainkan pada enam senar gitar yang bisa membangkitkan rasa bahagia.

Kura-kura mungkin lambat, sebab ia tidak terlahir untuk menjadi hewan yang lincah dan berlari kesana kemari. Namun, ia memiliki kelebihan lain, batoknya benar-benar keras. Bahkan pada cerita Kera Sakti, dikisahkan bahwa batok kura-kura adalah satu dari enam senjata untuk bisa mengalahkan Loki. Ya, setiap orang punya kelebihan dan kekurangan. Desain masing-masing manusia unik, dan tidak bisa dipukul rata. Yang jelas, akan ada satu area dimana dia memiliki kekuatan yang dahsyat.

Kurang lebih seperti itu gambarannya.

Sejujurnya saya pertama kali membaca istilah ini ketika saya SMP. Ketika itu saya membaca buku Quantum Quotience yang mengatakan bahwa IQ sebagai ukuran kecerdasan sudah runtuh sembari menyertakan kutipan dari Einstein, “Every child is born a genius.” Waktu itu saya hanya menyetujui dengan sambil lalu, tapi saat ini saya menyadari bahwa kata-kata ini dapat membuat kita melihat dunia dari sudut pandang berbeda.

Jika kita paham bahwa masing-masing orang memiliki potensinya masing-masing dan mungkin kejeniusannya belum terlihat, niscaya kita akan senantiasa menghargai orang lain. Kita akan selalu respek terhadap orang lain. Dan, hanya dengan menghargai orang lain lah, kita bisa menjadi berharga. So, mulai dari sekarang, jangan pernah menganggap remeh orang lain. Yakinlah bahwa semua orang yang ada di hadapan kita memiliki kekuatan yang sangat besar, seperti super saiya yang belum bangkit.

Dan.. dunia tidak akan pernah terlihat sama.

Dan ketika dunia terlihat berbeda, saatnya kita kembali melihat ke dalam diri kita!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s