Kecut

Aku tersudut dalam ambang batas antara puncak dan dasar. Satu tepukan kecil dapat membuatku terbang ke angkasa maupun jatuh dalam jurang tanpa batas. Kecut dan masam. Tak pernah ada satu hal pun di dunia ini yang memuaskan dengan sebegitunya. Tak pernah ada puncak tertinggi, sebab matahari tak pernah terjangkau. Namun, tak pernah ada yang lebih dalam. Karena ini sudah yang paling buruk. Tak ada jurang yang lebih dalam selain takut, cemas, dan tanpa harapan.

Tersenyum dengan kecut. Sampai kapan aku mau jadi pengecut. Berkemah tak mampu, mendaki pun terlalu malas. Lemah tak berdaya, keputusasaan menggerogoti tangan-tangan yang ingin diam. Ah, mau tidur saja. Pulang akan aku ke rumah. Menikmati bantal, kasur, makanan yang ada di meja makan. Lalu hari pun akan sama seperti biasanya. Ah, bosan.

Takut. Lawan dari takut adalah harapan. Selama masih ada harapan, kita masih tetap hidup. Mereka bilang itu mimpi, mereka bilang itu lentera jiwa. Tak penting. Mereka bukanlah tujuan. Mereka adalah cara untuk menjalani hidup. Memberi makan harapan. Memberi makan mentari yang ada dalam dada, agar ia tak jadi pengecut. Supaya aku tak lari dari semua ini. Aku ingin mengejar matahari. Aku ingin mengejar ia nya yang tinggi dan tak pernah teraih. Karena dengan itu aku tak akan pernah berhenti menggerak-gerakkan kakiku dalam samudera yang luas ini. Sebab jika iya, aku akan mati. Tenggelam dalam takut, putus asa, dan tanpa harap.

Karena ada haraplah, aku masih mencoba di sini. Meski dalamnya samudera seakan tak berbatas. Meski panjangnya pun tak terukur. Aku tak akan berhenti menjejak-jejak kaki demi udara bebas!

Leave a Reply

