Sebenarnya Bahagia

Apa sebenarnya bahagia? Sampai detik ini jutaan manusia masih mencari bahagia. Dapat ditemui di toko-toko buku, tulisan-tulisan yang menawarkan cara untuk bahagia. Dapat ditemui di semua tempat, detik itu juga manusia bergelut dengan perasaan.

Apa sebenarnya bahagia? Mungkin bahagia itu abstrak, tapi tidak dengan es krim. Sebelas dua belas dengan bahagia, kata mereka. Untuk bisa membeli es krim aku butuh uang. Bekerja, bekerja, dan bekerja. Semuanya demi uang. Sebab uang bisa mengantarkanku pada limit menuju bahagia.

Lelah aku tersesat. Sepertinya tempat ini bukan untukku. Apa yang aku lakukan di sini? Apa sebenarnya bahagia? Bukankah lebih baik aku bermain dan menikmati hidup ku sekarang, buat apa hidup kalau bukan untuk dinikmati. Lalu mereka berhenti bekerja. Mencoba menikmati hidup yang sekarang ini. Mereka ambil gitar, mereka ambil balon, mereka bawa istri dan anak mereka ke pantai.

Apa sebenarnya bahagia? Tak bisakah aku mendapatkan semuanya. Dan mereka pergi ke gua-gua. Berdiam diri dalam hening dan sunyi. Mereka menutup mata mereka dari pemandangan yang dilihat sehari-hari. Bertapa dan bertanya.

Apa sebenarnya bahagia? Mungkinkah aku melihatnya dengan mata hati, jika memang ada yang semacam itu. Mungkinkah dunia ini dijungkir balikkan. Aku tak butuh penggaris yang sama dengan mereka. Aku ingin hidup sebagai aku yang bebas. Aku ingin menemui bahagia sekarang juga. Sekarang juga!

Lalu keluarlah mereka dari gua. Bangkit mereka dari pertapaan. Tapi masih mencari cara untuk menjalani bahagia. Bahagia tanpa kenal waktu. Bahagia dengan alasan permanen. Bahagia yang tak tergantikan dan tak akan pernah selesai.

Hasil perenungan di kamar mandi..

Leave a Reply

