Jam Empat Pagi

Dari jam dua pagi saya berusaha untuk tidur. Tapi semakin mencoba untuk tidur, saya semakin teringat tentang banyak hal dan karenanya saya tak bisa tidur. Saya nyalakan laptop saya. Saya buka archive tumblr saya setahun lalu.

Tahun ajaran 2011/2012 adalah tahun yang begitu berkesan buat saya. Saya belajar banyak tentang kehidupan, dunia akademik, dunia usaha, dunia birokrat, serta dunia korporat. Dan kini, saya kembali menjadi mahasiswa. Tak terasa, hampir satu semester saya lalui di sini. Saya mendapatkan banyak sekali wawasan baru. Beruntung, saya bertemu dengan banyak orang hebat di sini.

Ada banyak pemandangan tentang hidup yang berubah dari sini. Namun rupanya, basic principle-nya tidak berubah, masih sama seperti apa yang saya pahami pada tahun ajaran 2011/2012.

1. Dunia yang kita huni telah dimanipulasi oleh banyak paradigma yang salah, tapi kita hidup untuk mencari Kebenaran.

2. Musuh terbesar adalah diri sendiri, sebab ternyata kita hanya diberikan kewenangan penuh untuk mengontrol diri sendiri.

Ya, prinsipnya dua itu yang mendasari semua perjuangan.

Leave a Reply

