Blekhol and Revelaisyen

“Lo suka cerita, tapi lo nggak pernah cerita tentang diri lo”

Saya cukup terkejut hari ini. Akhirnya ada seorang teman yang menyadari bahwa saya sebenarnya sangat introvert. Menarik. Saya pun jadi teringat pertama kali saya membuka pintu berkas rahasia dari dalam diri saya. Tidak mudah, tapi akhirnya orang itu ada. Mungkin di dunia ini, dia adalah orang pertama yang benar-benar saya percaya. Mungkin jika tidak ada dia, saya pun tidak akan pernah berani bercerita banyak hal kepada beberapa teman.

Saya yang introvert ini konon menyimpan ambisi di dalam hati. Namun, sesuai kata demi kata yang tertuang pada psikotes, saya adalah orang yang angin-anginan. Saya perfeksionis dan ambisius, tetapi angin-anginan. Jika saya benar-benar menginginkan sesuatu, saya akan benar-benar mengerahkan segala yang saya punya.

Dan rupanya perjuangan saya untuk mengenali diri saya sendiri terus berlanjut bahkan sampai sekarang. Mempertanyakan kembali jalan seperti apa yang harus saya ambil. Bertanya kembali mengapa sains dan agama sepertinya tidak bisa akur.

Messiah complex. Benarkah dunia ini dibangun oleh orang-orang messiah complex? Mengapa agama dari tanah arab tetap survive? Mengapa agama Islam turun di Arab? Mengapa manusia berperang? Benarkah apa yang sains itu benar? Mengapa terjadi kesenjangan di dunia? Seperti apakah dimensi ke-empat itu?

Lalu ditarik kembali, apa yang harus saya lakukan? Apa yang saya suka? Benarkah saya seharusnya ada di sini? Mengapa? Kapan ini akan berlalu?

Satu semester di sini saya habiskan dengan banyak buku dan video youtube, dan kebanyakan justru bukan tentang riset atau kuliah. Menarik.

Pada akhirnya toh ujung-ujungnya manusia haus akan jawaban yang berkaitan dengan kehidupan setelah mati dan penciptaan. Manusia adalah curious being. Dan semua orang harus menjalani ini semua dan menemukan jawaban dari pertanyaan besar dalam hidupnya. Sebelum habis life time-nya:

Oh iya, saya sangat menyarankan teman-teman yang bingung mengisi waktu luangnya untuk menonton Crashcourse world history di waktu senggang; mengikuti TechCrunch di wordpress; dan menuliskan kontemplasi teman-teman. Someday it will benefit you..

 

 

Leave a Reply

