“Apa yang lo percaya fik?”

Seorang teman saya hari itu bertanya kepada saya. Pertanyaan itu cukup aneh, “Apa yang lo percaya fik?”

Pertanyaan seperti ini cukup aneh sebetulnya. Sebab:

1. Teman saya pasti tahu betul apa yang saya yakini. Kami telah melalui banyak hal. Beberapa orang menganggap hubungan kami sangat aneh. Menurut saya, teman saya ini adalah salah satu orang yang paling sering mendengar cerita saya, yang paling banyak tahu rahasia saya.

2. Teman saya ini orangnya sangat percaya sama yang namanya “Faith”. Berasa aneh aja ketika dia menanyakan itu ke saya.

Pada akhirnya saya pun jawab ngalor-ngidul seadanya apa yang ada di pikiran saya. Salah satunya adalah

“There is no coincidence”

Iya.

Sejujurnya ada beberapa hal yang terjadi dalam hidup saya, yang terkadang masih mengusik. Mereka adalah bagian dari ‘kebetulan’ yang saya alami, dan saya tak pernah memilihnya.

Pada saat saya kembali ke Jakarta sejenak kemarin, saya pun diingatkan lagi bahwa bahagia adalah pilihan. Sebab jika ada hal-hal yang terlihat buruk di masa lalu, itu karena kita belum bisa melihat hikmahnya saja.

Semua tergantung filternya, itulah kenapa instagram pake filter.. Biar dunia yang ditangkap layar jadi lebih indah..

Saya juga percaya, kacamata itu tergantung pada value hidup kita. Beberapa orang mungkin cenderung memandang semuanya dari hitungan materi. Dan ketika kita fokus pada materi, mungkin kita bisa saja kehilangan banyak hikmah di area lain, seperti: cinta, pertemanan, kebijaksanaan dan perkhidmatan yang tentu saja harus ‘ditebus’ untuk mendapatkannya.

Dan menurut saya proses menuju Tuhan pun adalah proses yang harus dibayar mahal. Setiap orang mungkin menebusnya dengan hal-hal yang berbeda. Dan ceritanya belum selesai sampai tutup buku hidupnya.

Dan keyakinan sendiri (yang juga tersaji sesuai kacamata kita) bukanlah hal yang dengan mudahnya bisa dibagi kepada orang lain, termasuk sahabat kita sendiri.

Leave a Reply

