Wacana Si Gajah Duduk

Pada suatu sesi makan siang , kami sedikit membandingkan sistem pengelolaan SDM di universitas. Singkat cerita, kalau di universitas di singapura, uang-uang proyek masuk ke kas universitas, sehingga segede-gede gaban dana riset yang dihasilkan, gaji dosen ya segitu-segitu aja.

Sempat kami brainstorming solusi yang memungkinkan, lalu saya teringat beberapa pembahasan yang saya ikuti pada saat menjadi mahasiswa kampus gajah dulu.

Kalau nggak salah udah ada masterplannya mas. Jadi nanti bakal mulai dibagi-bagi, dosen mana yang fokus ke pengajaran, riset, dan yang mengurusi administrasi.

Oh itu, itu mah udah ada dari jaman gua S1

HAH? Gua pikir itu ide baru gitu Mas, karena kampus gajah mau berubah

Nggak, itu udah ada dari dulu. Wacana doang.

Belum lagi ketika membahas Jurnal

Jadi pas gua main ke kampus gajah, gua disuruh sama dosen gua jaman dulu buat ngirim paper ke Jurnal yang baru mau dibikin di mesin. Gua bikinlah papernya. Beberapa bulan gua tanya lagi, gimana jurnalnya?

Eh katanya Jurnalnya ga jadi terbit, ga ada dana. Mau jadi world class research university? Buat bikin Jurnal aja ga disupport.

Andai saja anak-anak yang masuk kampus gajah tahu bahwa kampus gajah itu banyak wacana dan nggak setinggi itu. Mungkin mereka gak akan searogan itu.

Katanya sih kampus teknologi.. eh kampus gajah deng.

Mungkin dulu kampus gajah ini benar-benar pernah bagus, hingga akhirnya kampus gajah terlena.. sebab distribusi mahasiswa yang mereka dapatkan yah, arguably memang top-notch di negara burung.

One thought on “Wacana Si Gajah Duduk

  1. kalo di UGM kebijakan dana riset langsung masuk university semua fik. jadi segede-gede dana riset ya gaji dosen segitu-gtu aja. tapi segitu-gitu ajanya sudah dinaikkan gajinya… Kata seorang doktor ekonomi UGM yang di-hire kantor gw

Leave a Reply

