Post singkat kali ini adalah panduan memilih jenis puting yang tepat.

#1 Mari kita sebut puting yang palsu sebagai putsi (puting ilusi).

Saat kita mencapai putsi, kita berpikir bahwa kita berada di puncak. Besar kemungkinan kita merasa demikian karena kita baru saja melewati lembah terendah (lendah) dalam hidup kita. Di lembah itu lah biasanya kita merasa menjadi manusia paling hancur, malang, dan paling berduka di dunia.

IMG_20140215_195051

Nah, setelah melewati lendah ini, biasanya ada kecenderungan bahwa hidup kita akan memang menanjak. Sebab memang tanjakan itu ada setelah kita melewati titik terendah bukan? Namun, sayang ketika kita merasa tinggi, ada satu titik dimana kita akan terlena. Merasa hebat. Merasa tak terkalahkan karena berhasil bangkit dari lendah.

Kita merasa sudah mencapai puting, padahal kita masih di putsi. Jalan hidup masih panjang, akan ada banyak putsi-putsi yang lain. 

#2 Jangan memilih putsi sebagai puting

Selain bahaya karena merasa sudah di puting padahal masih berada di putsi, rupanya ada yang lebih mengerikan. Yakni, saat ternyata apa yang kita yakini sebagai puting rupanya hanya sebuah ilusi.

Saya pikir sebuah puting harus seperti mentari. Letaknya jauh tak terjangkau, tapi cahayanya memberi kita harapan dan energi. Memilih puting yang seperti ini tentu akan membuat kita senantiasa berjuang dalam mendaki putsi demi putsi.

Selain konsep puting yang seperti ini, saya percaya juga bahwa puting sebenarnya bukan berbentuk pencapaian. Puting dari seorang manusia bukanlah pencapaian, melainkan kondisi jiwa dan pikiran kita. Dan jika sudah sampai puting, kita harus berhati-hati supaya tidak tergelincir ke lendah lagi.

Sekian posting kali ini.

*Tulisan ini adalah sambungan dari tulisan “Apakah Anda Memiliki Puting?” yang saya tulis lima tahun yang lalu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s