House of Cards

“The road to power is paved with hypocrisy, and casualties.”

“There’s no better way to overpower a trickle of doubt than with a flood of naked truth.”

Belakangan ini saya keranjingan House of Cards sampai-sampai sudah beres nonton episode 13 dari season 2 hanya dalam waktu seminggu. Sosok Frank Underwood dan istrinya yang manipulatif dan powerful benar-benar menarik.

Frank Underwood selalu mencari tahu apa kelemahannya, menggunakan media sebagai senjata, dan memahami bagaimana menangani lawan-lawan politiknya. Dia adalah seorang negosiator handal ditambah dengan kekejaman dan pencitraan yang luar biasa.

Saya juga suka dengan cara Underwood membangun tim yang solid. Terlepas dari kemunafikannya, dan betapa dia adalah seorang oportunis, dia sepertinya sayang dengan orang-orang yang ada di timnya. Bahkan dia rela memberikan kesempatan ketiga untuk Doug Stamper yang merupakan tangan kanannya dan salah satu orang terpenting dalam manuver politiknya.

“Gimana House of Cards? Mengingatkan akan politik kampus? Ajarin dong cara jadi manipulatif”

Dan mungkin ini sedikita mengingatkan saya pada beberapa gejolak yang sempat saya alami di kampus.

“Dalam organisasi, sama kayak bola, ada formasinya, ada yang jadi penjaga gawang ada yang jadi striker. Gua tau lo maunya jadi striker”

“Pertimbangkan mana yang bisa menjadi eskalasi yang pas”

“Gua mimpi ditinggalin kapal pecah sama Presiden dan MWA WM.. dan gua liat lo juga ada di sana.”

“Lo gamau ikut pemira lagi?”

“Si Fikri gimana di Singapore? Wah berarti karir politiknya terhenti ya”

Aneh sebenarnya mendengar bahwa ada orang lain berkata seperti itu kepada teman saya. Ya, tapi mungkin bukan berhenti, hanya saja pindah karir. Atau mungkin karena saya muak dengan hal-hal yang manipulatif dan sedang mencari cara untuk bisa melakukan hal-hal yang lebih berguna dan mungkin juga sedang berupaya agar bisa punya ketulusan?

Entahlah

Leave a Reply

