Selamat Ulang Tahun Kampusku-Rumahku

Ngeliat ‘rumah’ lagi at Jam Gadang – View on Path.

Aku tak pernah kenal Bandung sebelumnya

Sampai akhirnya kau membuatku berkenalan dengannya

Empat tahun sembilan bulan aku menjalin cinta dan persahabatan denganmu

Dari usiaku masih belasan hingga hampir kepala dua

Mulai urusan statuta, politik mahasiswa, kasus kebakaran,  lomba-lomba, hingga segala romantika

Kau tahu, mungkin di suatu titik aku merasa pernah punya perasaan lebih padamu

Kau seperti rumah, tempatku pulang, tempat yang selalu aku rindukan

Sebagaimana aku merenungkan banyak hal disamping plaza widya di malam-malamku dulu

Dan saat aku sempat menyaksikan lebih dekat tentangmu

Aku sempat berpikir mungkin kelak aku harus kembali

 

Kini, ketika melihatmu dari kejauhan

Aku semakin tahu betapa menyedihkannya dirimu

Betapa tertinggalnya kamu

 

Pernah aku kembali mengunjungimu setelah setahun setengah tak berjumpa

Kau tak lagi sama, mungkin rasa itu telah hilang

Kerinduan itu seperti tak menemukan ajalnya

Dia yang aku rindukan sudah tak dapat aku temukan

Mungkin aku bukan merindukanmu, aku merindukan memori tentangmu

 

Lalu aku berbincang dengan dosen skripsiku

Berbincang tentang ini itu

Sebuah rasa kembali ada

Sebab beliau pun masih terus berjuang dan percaya

Bagiku, suatu gejolak timbul

Antara sedih dan harap, campuran adukan pesimisme dan optimisme

Perasaan bahwa kelak aku harus kemari

Meskipun entah sebagai apa

 

Kau masih menjadi harapan bagi bangsa

Kau harus jadi lebih baik lagi di masa mendatang

Banyak yang ingin aku ungkapkan tapi rasanya belum saatnya

Tunggu beberapa tahun lagi dan mungkin kau akan jadi kita

 

Selamat ulang tahun Kampus Ganeca

Semoga kau bisa lebih menjunjung tinggi meritokrasi

Tak lelah bertransformasi untuk menjadi lebih dari hari ke-hari

Lebih produktif dalam pendidikan, penelitian,  dan pengabdian

Dan semoga bisa menghasilkan lebih banyak manusia

dengan kepeloporan, kejuangan, keunggulan, dan pengabdian

Ya, semoga dan semoga tidak menjadi sekedar kata

Tidak hanya jargon-jargon belaka seperti yang selalu ada di statutamu :p

 

 

Leave a Reply

