Saat berita-berita itu mulai heboh, gue berusaha mengingat-ingat, kenangan apa yang gue punya sama lo. Meskipun sekelas waktu TPB, kita bukan temen main, nggak deket, meskipun sering ketemu di daerah Cisitu kalo lagi cari makan (apalagi di bu olis yang sebelah kosan gue). Kalo buat gue sih yang paling berkesan dari lo adalah lo tetep mau dateng buat ngospekin adek-adek kelas kita dengan segala pemikiran lo yang kritis dan dalam di forum-forum swasta hehe.

Tapi kalo liat facebook lo dan banyaknya orang-orang yang terlihat begitu menyayangi lo, gue jadi ikut ngerasa gimana gitu. Pas dosen gue di kelas ngebahas pesawat yang lo naiki, dan dia bilang kalo menurut dia probability-nya seperti bit error rate pada LAN, itu bikin ngerasa gimana juga.

Denger-denger dari cerita, lo juga ga takut sama teroris-terorisan pas nyokap lo nanya ke lo. Lo berani man! Kadang gue bertanya-tanya, apakah ketika tali tas lo sempet putus tiga kali sebelum berangkat, apakah lo sudah tau bahwa lo akan dirindukan oleh orang-orang terdekat lo?

Tapi apapun itu, lo mengingatkan lagi bahwa hidup ini singkat, harus dibuat jadi berharga. Dan titik akhirnya tak bisa diduga. Lo udah bisa make waktu yang lo punya untuk menggoreskan kesan yang baik, terlihat dari orang-orang yang tetep nge-tag lo di social media selama masa pencarian MH370, mereka yang bilang betapa lo udah menginspirasi hidup mereka, lo keren man!

Dan gara-gara kisah lo ini, gue selalu mikir. Kalo giliran gue tiba nanti, apakah gue akan dirindukan seperti lo? Apakah hidup gue ini akan jadi berarti? Dan gue jadi sering mikir bahwa itu semua sangat dekat, itu semua tujuan akhir kita kan. Everybody leaves in the end.

 Selamat jalan Firman Chandra Siregar

Firman

sekali teman, tetap teman

Elektroteknik ITB 2007!

Sebagai teman seperjuangan menghadapi kelas-kelas TPB dengan dosen yang heboh-heboh, termasuk melawan perjuangan melawan kantuk di salah satu kelas, hanya ini yang bisa gue persembahkan sebagai penghormatan terakhir. Rest in peace yah bro!

Leave a Reply

