Salik Era Kini

Begitu banyak orang yang dalam diam mempertanyakan tentangnya. Lalu membaca begitu banyak kitab masa kini, bergelut dengan logika, abstraksi dan hingga terjebak ilusi; terlupa bahwa yang dibutuhkan untuk sampai ke sana adalah mulai melangkah; bukan meributkan segala penunjuk arah.

Tak sedikit pula yang melangkah, meski mereka tak pernah pusingkan arah. Ada yang tetap menyusuri pagar. Ada pula yang sudah tersasar, tapi tak tahu kalau tersesat dan masa bodoh; ah mereka mah tak perlu dibahas lagi.

Pada akhirnya kita harus rendah hati. Menyadari bahwa semuanya telah terkontaminasi, dan kita punya limitasi. Hanya dengan menghilangkan kesombongan, kita dapat melihat pemandangan dari sudut beragam. Dengannya kita tahu apa yang membuat orang percaya dan tidak percaya. Dengannya kita tahu ada yang melakukan perjalanan dalam basis ketakutan; serta ada yang terbujuk iming kenikmatan. Dan dengannya ada pula yang menatap semuanya bak romantika, tentang kata-kata abstrak membawa rasa cinta.

Tapi, bagiku sekarang ini satu yang nyata adalah syukur. Sebab segalanya adalah keberuntungan saat kau diberikan berbagai cerita untuk diambil pelajaran. Jalan hidupku, jalan hidupmu, jalan hidup mereka, adalah jalan untuk bersyukur. Dengan syukur itu kita lakukan semuanya, meski lelah, sebab malu rasanya jika tak bersyukur.

Aku telah mengembara.. dari agama yang menjadi dogma belaka, menuju pertempuran doktrin melawan logika, menyelami berbagai keyakinan dan kepercayaan, hingga bertemu pada sebuah titik dimana semua mungkin saja dongeng, terjebak pada logika. hingga akhirnya rasa mengantarkanku kembali. Hingga akhirnya aku memilih untuk sepaham dengan Algazel:

The question of divine knowledge is so deep that it is really known only to those who have it.

Dengan filosofi inilah salik di era kini harus berjalan. Bukan pada logika yang hanya satu celupan di antara luasnya samudera kesufian.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s