Diet

Siang itu saya nggak sengaja nyinggung soal diet. Karena yang terlintas di pikiran saya adalah saat makan malam bareng orang IEEE chapter Singapore. Ada anaknya seorang senior member (cewek dan masih undergraduate) yang nanya ke saya

“Are you a dessert person? For me, I always have a place for a dessert in my stomach”

“No, I don’t even enjoy food. But, I know I need the nutrition so I eat it anyway.”

“Waw, that’s great. If only I could think like that, then my diet would be fine”

Ya, saya pikir setiap orang sering lupa tujuan aslinya karena tergoda gratifikasi sesaat, kesenangan-kesenangan sesaat. Dan itu wajar. Tapi, manusia bisa melatih diri agar lebih fokus kepada tujuan akhir. Dengan memahami tujuan akhir itu, (kalau sudah terbiasa) manusia akan merelakan kesenangan-kesenangan sesaat.

Misalnya saya, harusnya ngerjain riset tapi malah browsing tentang hal lain atau nonton youtube berjam-jam. Itu karena kebiasaan. Dan harusnya sih bisa dilatih ya biar nggak terus-terusan menunda.

Oiya, kenapa saya kepikiran tentang diet tadi, jadi ceritanya suatu ketika saya ada di mobil bersama orang tua saya dan temannya orang tua saya. Ibu saya menunjukkan sebuah pesan di whatsapp

“Dengan merasakan akhirat jauh lebih penting dari di dunia, taat itu bukan sesuatu yang sulit,”

kemudian bertanya apa yang saya pikirkan setelah membaca itu. Ya, saya kepikiran tentang obrolan diet itu tadi. Diet sebagai suatu investasi untuk meraih kesehatan atau kelangsingan badan. Hal ini sebelas dua belas dengan taat sebagai suatu investasi untuk meraih akhirat.

Eh, temennya orang tua saya malah bilang gini, “Wah, Fikri maksudnya nyinggung aku yah. Baiklah nanti aku akan diet lagi.”

Sekian tentang diet.

*pengen nulis tentang cerita seru pas dinner IEEE Singapore Chapter tapi next time deh

Leave a Reply

